Pelatihan IAPS 4.0 BAN PT

Catatan Singkat Pelatihan IAPS 4.0 BAN PT Yang diikuti oleh Wadir 1 PPNS Bapak Adi Wirawan Husodo, S.T., M.T dan Pusat Jaminan Mutu (PJM) Bapak Farizi Rachman S.Si., M.Si.,

1. April 2019 BAN PT akan memberlakukan Instrumen baru untuk akreditasi Prodi yaitu (Instrumen Akreditasi Program Studi) IAPS 4.0. Penggunanaan Instrumen akreditasi ini karena dirasa borang yang lama lebih banyak Input (50%) dan Proses (33%) dibandingkan dengan capaian yang hanya 8,79% dan luaran 6,97%.

2. IAPS 4.0 akan menekankan pada Capaian dan luaran, dimana pola baru ini berbasis evaluasi diri. Dan mengakomodir berbagai jenis institusi Perguruan tinggi. Pola baru bertujuan untuk CQI (Continous Quality Improvement)

3. IAPS 4.0 Yang akan di submit pada SAPTO hanya ada dua yaitu LKPS (Laporan Kinerja Program Studi) dan LED (Laporan Evaluasi Diri)

4. LKPS akan lebih banyak berisi data kuantitatif, dan semua narasi akan ditulis pada LED.

5. Pada Evaluasi diri akan ada 9 kriteria yaitu pertama visi, misi, tujuan, dan strategi, kedua tata pamong, tata kelola, dan kerjasama, ketiga mahasiswa, keempat SDM, kelima keuangan, sarana, parasarana, ketujuh pendidikan, kedelapan Pengabdian Masyarakat, dan Kesembilan Luaran dan Capaian Tridharma.

6. Ciri2 lapoaran evaluasi yang baik, Keterlibaran semua pihak, Keserbacakupan, Kualitas Data: cukup, akurat, konsisten, dan sesuai, Kedalaman analisis, Pendekatan Inovatif dan Kreatif, Kejujuran, dan Rencana Pengembangan

7. Setiap bagian dari kriteria harus ada kepuasan pengguna yang diuji validitas dan reliabilitas. Kalau bisa menggunan alat Principal Component Analysis.

8. Pada aturan yg lama Syarat homebase dosen harus 6 orang, instrumen baru hanya mensyaratkan 5 dosen yang akan diambil dari PD DIKTI yang akan tetap terintegrasi dengan sistem SAPTO.

9. Pengusulan IAPS 4.0 tidak lagi dilakukan Prodi tetapi dilakukan oleh UPPS (Unit Pengelola Program Studi) sesuai Statuta dan OTK Perguruan Tinggi.

10. Pesan BAN PT: Pada dasarnya tidak perlu khawatir dengan IAPS 4.0, karena batu Intan diukur dari instrumen apapun pasti akan terlihat intan

Surabaya, 21 Februari 2019
Lampiran,
1. PAPARAN_INSTRUMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI 4.0_Perkembangan Akreditasi
2. PAPARAN_INSTRUMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI 4.0_LKPS
4. PAPARAN_INSTRUMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI 4.0_PROSES PENYUSUNAN LED PS Pelatihan APS PTN-II – 200219

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *